03 Februari 2011

SEMANGAT RESOLUSI DI TAHUN BARU

OLEH : RIFQI K. ANAM
     Tahun baru adalah saat berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya hitungan tahun selanjutnya (http://www.irib.com). Dalam pengertian lain tahun baru adalah saat kita harus bertransformasi ke bentuk yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Perubahan tahun menyiratkan kita pada perenungan mendalam apa yang telah terjadi pada tahun 2011 bahwa banyak kepedihan yang dialami seperti, krisis ekonomi yang mengakibatkan degradasi moral, kegagalan dalam karir, kekecewaan terhadap kondisi diri dan masyarakat sampai musibah bencana alam yang dating silih berganti, meskipun di lain sisi kita juga mengalami Kemenangan, kelulusan, prestasi, dan berbagai kesuksesan lain yang membuat hidup kita memiliki dinamikanya sendiri
      Dalam konteks keindonesiaan resolusi perubahan di tahun yang baru adalah membumikan mimpi besar yang dimiliki bangsa Indonesia untuk dapat sejajar dan bersaing dalam percaturan ekonomi politik internasionalyang juga merupakan semangat yang harus disongsong menghadapi tahun baru ini. Saat ini, dengan munculnya global common interest seperti pembangunan sosial, pemberantasan kemiskinan, penciptaan lapangan kerja, memperkokoh solidaritas global maupun lokal, mempererat integrasi sosial, bahkan sampai pada penangkalan bersama terhadap pelanggaran hak-hak asasi manusia dan terorisme dalam berbagai bentuknya. Semangat resolusi harus secara bersama-sama digalang oleh seluruh elemen yang bernadikan pancasila.
      Obsesi membawa indonesia ketingkat internasional menjadi semangat menuju resolusi(sebuah pencapaian) baru di tahun 2011 sehingga mencapai posisi sebagai bangsa besar yang diakui oleh bangsa lain. Semangaat untuk mencapai resolsi yang lebih baikk untuk Indonesia merupakan tanggung jawab kita semua sebagai generasi muda penerus bangsa dan agen perubahan bangsa, sehingga tidakbisa dinafikan kita adalah katalisator utama dalam perubahan menuju bangsa yang besar. Layaknya membumikan kembali mimpi para founding father Indonesia seperti bung Karno dan Bung hatta meningkatkan derajat bangsa ke taraf internasional, kita sebagai generasi muda harus menjadi ujung tombak resolusi Indonesia 2011.
      Ditengah berbagai tuntutan zaman yang meminta kita untuk responsif dan apresiatif dalam menyikapi setiap perubahan yang ada sudah menjadi kemutlakan bagi setiap umat yang menginginkan adanya perubahan dan kemajuan di segala sektor kehidupan merupakan semangat resolusi yang harus dipupuk dan disuburkan sebagaimana amanat Pancasila, sila kelima yang berbunyi “kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia” artinya perlu ada revitalisasi di berbagai sektor untuk mencapai kesejahteraan yang mana pada tataran selanjutnya masyarakat Indonesia akan mendapat kesejahteraan yang merata sehingga tidak terjadi konglomerasi capital.
      Mengutip proposisi nilai dari George C. Homans (Homans dalam Ritzer, 2007:364) menjelaskan semakin bernilai suatu hal makin besar kemungkinan aktor melakukan hal yang bernilai tersebut, jadi dengan semangat tahun baru kita songsong sebagai semangat resolusi Indonesia karna saat pergantian tahun adalah moment dimana kita harus bisa mengambil ibrah dari pengalaman tahun sebelumnya artinya pergantian tahun merupakan nilai yang sangat fundamental bagi perkembangan suatu bangsa. kesuksesan bukan peristiwa, sukses adalah proses berkelanjutan yang kita lakukan berulang kali, kedepannya keksuksesan bangsa ditentukan sepakterjang generasi mudanya. Kalau generasi mudanya mampu menempa diri dengan spirit keindonesiaan sehingga terbentuk karakter-karakter manusia intelektual, spiritual, nalar sosial dan memiliki loyalitas membangun bangsa dan negara. Maka lahirlah Pemuda harapan bangsa yang benar-benar mampu menjadikan dirinya sebagai garda depan perubahan sekaligus pemegang tongkat estafet dari para Founding Fathers bangsa ini yang bersusah payah merumuskan Indonesia sebagai negara yang Bhineka Tunggal Ika.
      Sebagai penutup, dalam percaturan peradaban dunia yang cepat peran generasi muda semakin penting mengingat dari gerak energik generasi muda akan muncul gagasan-gagasan baru nan cerdas untuk membawa bangsa melejit ke tingkat dunia, semangat tahun baru diharapkan membakar semangat pembaharuan dan perubahan bagi warna dan gerak bangsa menuju arah yang lebih positif sehingga hakikat menjadi bangsa mandiri dan besar menjadi kenyataan.
      Dengan semangat tahun baru kita berbenah menjadi bangsa yang lebih baik dan memiliki kualitas sebagai bangsa besar agar bisa memberikan arti dan tujuan kita sebagai bhineka tungga ika sehingga kita memilki semangat tinggi untuk membangun bangsa. Kepedihan dari kegagalan, masalah, dan musibah yang kita alami di tahun yang lalu tidak perlu kita ingat lagi. Yang perlu kita ingat adalah pelajaran yang bisa kita petik dari pengalaman-pengalaman tersebut. Tahun ini, dengan semangat baru, kita bisa membuka lembaran baru untuk bangkit kembali meraih kemenangan. Sukses untuk kita semua. SelamatTahunBaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar