04 Februari 2011

HERBERT SPENCER (THE SURVIVAL of THE FITTEST)

OLEH : RIFQI K. ANAM
Herbert Spencer (27 April 18208 Desember 1903) adalah seorang filsuf Inggris dan seorang pemikir teori liberal klasik terkemuka. Spencer lahir di Darby, Inggris 27 April 1820 Spencer berasal dari keluarga yang berlatar pendidikan ayahnya seorang guru.Inggris, semasa kecilnya dia sering sakit-sakitan, bahkan kedelapan saudaranya meninggal pada umur yang masih muda.
Pada awalnya Spencer tertarik pada ilmu pengetahuan alam, biologi, matematika, dan sejarah, lambat laun dia juga mempelajari sosial ekonomi. Hampir sebagian besar waktunya digunakan untuk kegiatan akademis dan dia juga terkena penyakit gangguan sukar tidur kronis yang membuat dia terus gelisah dan harus memakai sejumlah candu untuk mengobati. .
Spencer dalam hidupnya sukar diajak bergaul dan selalu menempatkan dirinya terhadap nilai-nilai budaya dalam masyarakat.selama periode ini spencer melanjutkan studi atas biaya sendiri dan mulai menerbitkan karya ilmiah dan politik.tahu 1948 Spencer ditunjuk sebagai redaktur the Economist dan gagasan intelektualnya mulai mantap.
Tahun 1950 ia menyelesaikan karya besar pertamanya, social statics. Selama menulis karya ini spencer untuk pertama kali mulai mengalami masalah insomnia (tak bisa tidur) dan dalam beberapa tahun berikutnay masalah mental dan fisiknya menjadi terus meningkat.ia menderita gangguan syaraf sepanjang hidupnya.
Tahun 1853 Spencer menerima harta warisan yang memungkinkannya berhenti bekerja dan menjalani sisa hidupnya sebagai seorang sarjana bebas.Ia tak pernah.Ia tak pernah memperoleh gelar kesarjanaan universitas atau memangku jabatan akademis.Dalam menulis karya-karya Spencer enggan membaca karya orang lain tetapi muncul secara intuitif dari pikiranya.Konsep evolusi Spencer ditulis dalam “ Principle of Psycologys” (1855) yang diperluas dalam “Its Law and Cause” (1857)
Spencer membaca salah satu buku mengenai seleksi alam yang ditulis Charles Darwin, Buku yang berjudul On the Origin of Species by Means of Natural Selection, or The Preservation of Favoured Races in the Struggle for Life (biasanya disingkat menjadi The Origin of Species) (1859) merupakan karyanya yang paling terkenal sampai sekarang. Buku ini menjelaskan evolusi melalui garis keturunan yang sama sebagai penjelasan ilmiah yang dominan mengenai keanekaragaman di dalam alam.
Teori Darwin tentang evolusi menyatakan bahwa semua species berhubungan satu sama lain dan mempunyai "common ancestor" (berasal dari satu garis keturunan) dan melalui mutasi species baru muncul. Ia menulis: "Manusia cenderung untuk bertambah dalam tingkat yang lebih besar daripada caranya untuk bertahan. Akibatnya, sesekali ia harus berjuang keras untuk bertahan, dan seleksi alam akan mempengaruhi apa yang terletak di dalam jangkauan ini." (Descent of Man, Ps.21)
Oleh karena itu Herber spencer menghubungkan seleksi alam dalam tataran organik ke tingkat social. Proposisi yang ditawarkan oleh Spencer adalah Teori Evolusi. Teori Evolusi menyebiutkan ”Perkembangan adalah suatu pengintegrasian dari benda,di mana selama pengintegrasian itu benda berpindah dari suatu persamaan (homogenitas) yang tak tertentu, yang tanpa gabungan, ke dalam suatu kenekaragaman (heterogenitas) tertentu, yang menampakkan hubungan dan dimana gerak yang menyertainya juga mengalami perubahan yang sama”(Haru hadiwijoyo,2005.115).
Teori evolusi spencer teridentifikasi pada dua jenis evolusi sosial terutama berkaitan dengan peningkatan ukuran (size) masyarakat. Masyarakat tumbuh melalui perkembangbiakan individu dan penyatuan kelompok-kelompok. Masyarakat tumbuh dalam kelompok dengan derajat yang bervariasi. Dan perluasan kelompok dan penggabungan kelompok yakni makin lama makin menyatukan kelompok-kelompok yang berdampingan.
Dalam bentuk sosial dan organik dalam unit yang paling primitif. Spencer berpendapat bahwa jenis masyarakat .Kita mungkin merupakan satu generasi yang jauh dari utopia, tetapi kita juga lebih jauh dari dari generasi barbaria.Tradisi,struktur pikir cara penggabungan ide-ide, bentuk pengembangan ide-ide, bentuk pengembangan perasaan dari insting seta kecenderungan turun temurun.
Perbedaan sosial yang dimulai dengan jelas pada pertama kalinya memperlihatkan ketika memperlihatkan efek dengan respek dari hal-hal luar yang utama dan lalu kondisi masyarakat internal. Jadi untuk contoh di awal tahap masyarakat adalah prajurit yang melasanakan aktivitas pertahanan dari perlawanan mewakili agen sosial dengan respon yang langsung pada kondisi ekstern. Pada saat yang sama buruh melaksanakan aktivitas internal dari subsistensi melayani atasan pertama kali lalu mereka sendiri. Sistem eksternal dan internal yang terdapat sistem distribusi, untuk dua kelas orisinil yaitu dalam kontak; waktu, industri dilokalisasi, dan sebagai alat transfer pemunculan yang barang-barang.
Teori evolusi mengenai etika dan politik, dikemukakan bahwa di satu sisi masyarakat berkembang menuju ke keadaan moral yang ideal atau sempurna. Di sisi lain ia menyatakan bahwa masyarakat yang paling mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannyalah yang akan bertahan hidup (survive), sedangkan masyarakat yang yang tak mampu menyesuaikan diri terpaksa menemui ajalnya.
Jadi, teori Spencer mengenai evolusi masyarakat mempunyai kesamaan dari evolusi yang terjadi pada umumnya. Menekankan pada survival of the fittest dimana organisme yang lemah atau yang tidak tepat guna akan menghilang atau mati, yang sama-sama menerapkan hukum alam yang bersifat keras bagi yang lemah.  

DAFTAR PUSTAKA
 George Ritzer, Douglas J. Goodman.2007.TEORI SOSIOLOGI MODERN. Yogyakarta. Predana Media Group

Tidak ada komentar:

Posting Komentar